PEMANCINGAN EMBUNG LOR KAUMAN DESA MUDAL MUDAL
Selasa 5 Juli 2022

Mudal - Embung memiliki pengaruh besar pada lahan pertanian terutama disaat musim kemarau. Petani banyak menggunakannya sebagai pengairan untuk memenuhi kebutuhan air lahan pertaniannya.

Desa Mudal yang memiliki lahan pertanian luas memanfaatkan Embung Lor Kauman sebagai pengairan pertanian utama desa. Nama Embung Lor Kauman tak terlepas dari wilayah embung yang terletak di utara Dukuh Kauman yang juga berjarak hanya beberapa meter dari Kantor Kepala Desa Mudal. Dulunya Embung Lor Kauman di berdayakan oleh pemerintah desa namun seiring berjalannya waktu embung ini diberikan kepada Paguyuban Petani Pemakai Air (P3A). Paguyuban ini bertugas menjaga dan merawat embung sehingga bisa seterusnya bisa digunakan dengan baik.

Embung Lor Kauman dibangun pada ..... dengan dana .... , Dinamakan Embung Lor Kauman karena letaknya di sebelah Utara Dukuh Kauman-Kembang Selain untuk cadangan Irigasi (pengairan)  sawah  Desa Mudal, Embung juga difungsikan sebagai "wisata pancingan" yang dikelola oleh Warga setempat. Air embung dimanfaatkan petani pada musim kemarau karena pada saat musim penghujan kebutuhan irigasi sudah tercukupi dari air dari "Dam Solo Tempel". Letak Embung di lembah sungai pembatas Desa Mudal dan Kebonbimo dan kelililingi oleh bebukitan yang dipadu dengan pepohonan perdu, tahunan dan juga pemakakaman warga Dukuh Kauman sehingga menjadikan pemandangan alam tersebut indah, menarik dengan situasi dan kondisinya  nyaman lebih-lebih di pagi dan sore hari banyak warga sekitar dan dari luar Desa Mudal banyak datang untuk rekreasi skaliyang memancing ikan nila dan tombro. Bahkan di hari-hari tertentu (malam Selasa dan malam Jumat ) pengunjungan lebih banyak bahkan ada yang sampai pagi.

Berita Terkini
PERAYAAN HUT RI KE 78 DESA MUDAL
Kamis 31 Agustus 2023